Fisika

                                                                                 PROFIL PRODI FISIKA

 

Bingung Apa manfaat kuliah di jurusan fisika ?? Ini dia jawabannya

 

PROSPEK KERJA JURUSAN FISIKA

Prospek kerja untuk seorang lulusan jurusan fisika justru sangat sangat luas mulai dari penelitian-penelitian dasar , eksplorasi minyak dan bahan tambang, bidang lingkungan, teknologi transportasi, keuangan dan sebagainya. Kemampuan problem solving yang dimiliki seseorang lulusan fisika sebagai hasil  belajarnya di bangku kuliah merupakan faktor penarik yang seksi bagi berbagai pihak untuk merekrut lulusan jurusaan fisika. Berikut adalah gambaran umum tentang prospek kerja jurusan fisika.

Tenaga Pendidik Fisika

Lulusan fisika juga bisa menjadi guru pengajar di sekolah-sekolah menengah pertama hingga atas. Peluang untuk menjadi dosen bagi lulusan fisika juga masih sangat luas di Indonesia.Saat ini sudah banyak sekali beasiswa-beasiswa yang disediakan bagi lulusan sarjana fisika jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lembaga penelitian pemerintah (Status PNS)

Penelitian bisa dikatakan adalah salah satu domainnya anak-anak fisika, lembaga penelitian pemerintah yang paling bonafid adalah LIPI, dan tentu saja banyak orang fisika juga di sana. Selain itu juga ada BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional), BPPT, Lapan, Pusat Survey Geologi. Lulusan jurusan fisika juga bisa  bekerja untuk pemerintah di institusi pemerintah seperti departemen keuangan dan perdagangan.

BUMN dan Sektor SWASTA

BUMN dan perusahaan –perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan fisika misalnya Telkom PT,Telkom,PT.DI,,Perusahaan Migas dan Tambang ( Pertamina, Total Indosie, PT Elnusa, Geotermal, Medco Energie, PT. Petronas Sclumberger, Eni Spa, PT Newmont). Perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi juga banyak yang membutuhkan lulusan jurusan fisika, misalnya siemens, Trans TV, PT Control system, sharp semiconductor, PT Epson, PT. Connusa Energindo, Grafindo, PT Yamatake Berka, Bank, Asuransi dll.