UNU BLITAR, Tujuan kegiatan PKM adalah untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri. PKM juga bertujuan untuk meningkatkan mutu  mahasiswa untuk terjun di masyarakat dengan mengamalkan ilmu yang dimiliki ujar Joko Prasetyo, STP., M.Si saat mengawali presentasinya ketika menjadi nara sumber dalam kegiatan Workshop PKM yang diselanggarakan oleh FORMADIKSI (Forum mahasiswa bidikmisi) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar pada Minggu (15/9).

Dalam presentasinya yang berjudul Pengembangan Softskill Mahasiswa Melalui PKM serta Strategi Menjadi Juara Dalam Ajang Kompetisi PIMNAS, joko banyak memberikan penjelasan tentang cara-cara ataupun tahapan dalam pelaksanaan program PKM tersebut. PKM ini bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat akan aturan, mampu mengeluarkan ide-ide yang kreatif serta inovatif, dan dapat objektif serta kooperatif dalam membangun ke Bhineka Tunggal Ika-an, imbuhnya.

Masih menurut Joko, Tips lolos seleksi PKM diantaranya adalah proposal harus lengkap dan sesuai dengan format, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, karena kemungkinan proposal akan dinilai oleh reviewer dari background yang berbeda serta ada manfaat yang jelas baik bagi mahasiswa maupun msyarakat.

“Tahun 2019, dari 70.000 proposal terkirim, yang di danai hanya 3000 proposal. Sebagus apapun ide mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM, kalau tdk sesuai format tidak lolos. ” jelas Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya ini.

Workshop yang dilaksanakan di GRAHA NU Kabupaten di ikuti oleh mahasiswa 600 mahasiswa yang dalam pelaksanaannya di bagi menjadi 2, sesi yakni Sesi 1 pukul 08.00-11.30 yang di ikuti Mahasiswa FIE (Fakultas Ilmu Eksakta). Sesi 2 pukul 13.30-15.45 di ikuti oleh mahasiswa FIPS (Fakults Ilmu Pendidikan Sosial).

Hadir dalam kegiatan worshop ini Wakil Rektor UNU Blitar, Dekan FIE, Staf Ahli Rektor bidang Kerjasama dan Mahasiswa , Para Kaprodi serta perwakilan mahasiswa bidikmisi regional Kediri Raya.

“Kami berharap setelah diadakannya acara ini, para peserta dapat mengetahui dan mampu mengembangkan kreatifitas yang ada pada diri masing-masing mahasiswa untuk mewujudkan jiwa yang kreatif dan inovatif dalam bermasyarakat. Serta mampu membuat PKM sesuai pedoman yang di perbarui” ujar Makarima Nisa Kuril Jannah, ketua pelaksana kegitan workshop PKM ini.