Ilmu Peternakan

Visi

Membentuk sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang sosial ekonomi Peternakan serta cakap menanganinya bagi kesejahteraan masyarakat

Misi                                             

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi sosial ekonomi Peternakan yang membentuk pribadi manusia yang berkemampuan memahami, menguasai, menerapkan serta mengembangkan ilmu yang dimiliki dalam kegiatan produktif
  2. Melakukan penelitian untuk mendukung IPTEK dalam bidang sosial ekonomi Peternaka
  3. Mengembangkan kelembagaan fakultas/program studi  serta membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait dan alumni

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Peternakan :

  1. Perusahaan Peternakan

Banyak sekali jenis perusahaan peternakan, namun intinya sama yakni memproduksi hewan ternak yang akan siap untuk dipasarkan pada khalayak. Di perusahaan peternakan ini lulusan Ilmu Peternakan bisa mengisi posisi di Manajerial maupun Operasional.

  1. Perusahaan Pakan Ternak

Selain di perusahan peternakannya, lulusan Ilmu Peternakan juga bisa bekerja di perusahaan yang memproduksi pakan ternak karena masih pada cakupan kompetensi yang dimiliki.

  1. Perusahaan Obat Hewan

Selain Perusahaan Pakannya ternak, juga obatnya ternak. Perusahan Obat hewan ini sebagai salah satu pendorong industri peternakan.

  1. Instansi Pemerintahan

Selain bekerja di perusahaan, tentu saja lulusan Ilmu Peternakan mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarir di instansi pemerintahan. Instansi-instansi yang paling relevan adalah Kementrian Pertanian, Kementrian Perindustrian, dan Balai Penelitian.

  1. Wirausahawan

Wirausahawan juga bisa menjadi opsi bagi lulusan Ilmu Peternakan, apalagi dengan semakin besarnya peluang bisnis di sektor peternakan. Tentu saja jika semakin banyak pengusaha di bidang ini, maka akan bisa di jamin bahwa industri peternakan akan semakin maju.

  1. Tenaga Pengajar

Menjadi pengajar juga bisa menjadi opsi, apalagi bagi orang yang mempunyai passion berbagi ilmu. Pengajar ini bisa di SMK-SMK pertanian, atau bahkan menjadi dosen, namun tentu sja harus minimal s2 dulu jika ingin menjadi Dosen saat ini.

Itulah bebebapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Peternakan sesuai denga kompetensi dan skill yang dimilikinya.