Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menjadi salah satu peserta Program PT Asuh yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya (UB) tahun 2019. Kegiatan PT Asuh yang sudah dilaksanakan adalah “Lokakarya SPMI dan Audit Internal untuk Produktivitas dan Daya Saing Institusi” yang dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 17 – 20 Juni 2019. Program Asuh UB 2019 ini bertujuan untuk membantu PT Mitra mengembangkan komitmen dan dokumen perencanaan strategis, membantu mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai pedoman Kemenristekdikti, membantu mengembangkan/ menguatkan sistem pengendalian SPMI melalui sertifikasi auditor internal, mendampingi prodi-prodi pada PT Mitra yang akan mengajukan akreditasi, dan membantu peningkatan kapasitas sumberdaya manusia PT Mitra dalam menyusun dan berkompetisi proposal hibah penelitian serta publikasi artikel ilmiah.

Lokakarya dibuka oleh ketua Program PT Asuh yaitu Ir. Aida Sartimbul, M.Sc., PhD, dilanjutkan oleh narasumber dalam kegiatan lokakarya yaitu Dr. Eng. Ahmad Adi Sulianto, S.TP., M.T., M.Eng., Dr.Shinta Hadiyantina, S.H., M.H., Dr. Nurul Muslihah, S.P., M.Kes., Prof. Dr. Ir. Hartutik, MP., Dr.drh. Masdiana Chendrakasih Padaga, M.App.Sc., Dra. Nurana Kudratin, M.M., Dr.Dra. Roosi Rusmawati, M.Si., dan Dr. Endang Arisoesilaningsih, M.S.

UNU Blitar berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang bermutu. Mutu harus terus diperbaiki dan ditingkatkan, karena perguruan tinggi yang bermutu dapat mendukung pembangunan dan daya saing bangsa. Mewujudkan perguruan tinggi yang memiliki daya saing haruslah berkualitas. Dengan adanya kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kontribusi pengembangan mutu untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Beberapa PT swasta yang terlibat dalam kegiatan ini selain UNU Blitar yaitu Akademi Analis Kesehatan Malang (AAKMAL), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI) Malang, Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara (STTAR) Malang, dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Malang.

Dalam kegiatan lokakarya ini, peserta tidak hanya mendapat teori, implementasi dan strategi mulai dari penyusunan dokumen SPMI sampai dengan identifikasi kelemahan borang, tpi juga mendapat pengalaman untuk praktik Desk Evaluation Audit internal. Hasil dari kegaitan ini, semua peserta mendapat sertifikat auditor.

Pada acara penutupan kepala penjaminan mutu Universitas Brawijaya dan ketua pelaksana program PT Asuh menyampaikan harapan bahwa auditor yang dilatih dapat membantu mengidentifikasi permasalahan diperguruan tinggi masing-masing dan memberikan rekomendasi tindakan lanjutnya untuk peningkatan mutu perguruan tinggi.