News

UNU Blitar Jadi Tuan Rumah Program KPU Provinsi Jatim Goes to Campus

UNU Blitar, 13 juni 2018. Senin, 4 Juni 2018 adalah hari yang penuh dengan aktifitas kemahasiswaan di UNU Blitar. Pada hari itu tiga agenda besar diselenggarakan di UNU Blitar salah satunya adalah program KPU Provinsi Jatim Goes to Campus.

Kegiatan KPU Provinsi Jatim Goes to Campus. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan Seminar dan Sosilasiasi Pemilih Pemula Pemilukada Provinsi Jawa Timur. Tema yang diangkat panitia KPU adalah Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas Dalam Pesta Demokrasi Pemilukada Jawa Timur Tahun 2018. Tujuan kegiatan yang diselengggarakan oleh KPU adalah memberikan edukasi kepada mahasiswa khususnya yang menjadi pemilih pemula.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang Mahasiswa UNU Blitar dari berbagai prodi yang notabene tergolong pemilih pemula.

Kehiatan ini mengahadirkan tiga narasumber dengan tiga materi terkini yang dibutuhkan oleh Mahasiswa UNU Blitar dalam menyongsong pemilukada Jatim 2018. Narasumber pertama adalah Bapak Muhammad Arbayanto selaku Anggota KPU Jatim. Beliau membawakan Materi mengenai pemilu. Narasumber kedua adalah Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd selaku rektor UNU Blitar. Beliau membawakan materi mengenai Menjadi Pemilih Cerdas. Sedangkan Narasumber ketiga adalah Dr. Dimyati Huda, M.Ag. selaku Ketua LPPM UNU Blitar. Beliau membawakan materi mengenai kedewasaan berdemokrasi bagi Mahasiswa.

Pesrrta sangat antusias mengikuti kegiatan yang diakan oleh KPU ini. Merwleka merasakan mendapat wawasan baru dalam memilih calon pemimpin mereka.
Pemimpin yang amanah, dan dapat memperjuangkan asiprasi untuk kemajuan Provinsi yang mereka cintai ini. Mereka juga berharap dengan kegiatan ini masyarakat khususnya pemilih pemula dapat berpartisapi dalam pesta demokrasi yang akan datang tanpa diiming-imingi oleh kepentingan dan paksaan sejumlah pihak, sehingga yang mereka pilih adalah murni dari hati nurani mereka. (wid). (ed.arf).

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Hj. Titik Prasetyowati Verdi, S.H, M.H.

UNU Blitar, 6/6/2018. Senin, 04 Juni 2018 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNU Blitar kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran mahasiswa UNU Blitar agar lebih memahami pilar-pilar kebangsaan yang terdiri dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945). Sosialisasi ini disampaikan oleh Ibu Hj. Titik Prasetyowati Verdi, S.H., M.H. Beliau adalah anggota DPR RI Komisi X yang membidangi masalah pendidikan.
Kegiatan ini diawali dengan sambutan Rektor UNU Blitar, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd. yang mana dalam beliau sambuatannya beliau memberi penguatan bahwa UNU Blitar adalah The Character Building University. Dalam upaya membangun karakter UNU Blitar berpedoman pada pandangan Tawassuth (tengah), Tawazun (seimbang), Ta’adul (adil, netral) dan Tasamuh (toleran). Pandangan tersebut diharapkan dapat membangun karakter mahasiswa UNU Blitar.
Pada acara inti, yaitu sosialisasi empat pilar kebangsaan, Ibu Hj. Titik Prasetyowati Verdi, S.H., M.H. atau yang biasa disapa Bu Titik menyampaikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan. Diantara nilai luhur itu adalah gotong royong, saling menghargai dan jujur. Ternyata apa yang disampaikan oleh Ibu Titik ini selaras dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan di UNU Blitar.

Dalam acara sosialisasi empat pilar ini, mahasiswa UNU Blitar tampak antuasias mengikuti acara sosialisasi. Mahasiswa berebut untuk melontarkan pertanyaan kepada Ibu Titik pada sesi tanya-jawab. Salah satu mahasiswa menyampaikan bahwa acara sepeti ini perlu diadakan lagi. Melihat antusias mahasiswa UNU Blitar, Ibu Titik akan menjadwalkan kembali untuk datang dan berdiskusi dengan mahasiswa UNU Blitar. (ci)

Ujian Tulis PMB Gelombang I Jalur Regular Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

UNU Blitar, 6/6/2018, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar yang lebih dikenal dengan nama UNU Blitar telah membuka pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 yang dibagi menjadi 3 gelombang. Gelombang I terdiri jalur prestasi dan jalur regular. Sedangkan Gelombang II dan III hanya terdiri dari jalur regular saja. Gelombang I telah ditutup pada tanggal 18 Mei 2018 dengan pendaftar sejumlah 277 pendaftar. Pendaftar jalur prestasi sejumlah 20 pendaftar, dan jalur regular gelombang I sejumlah 257 pendaftar.

Pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2018 kemarin panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar melasanakan ujian tulis bagi calon mahasisa baru gelombang 1. Ujian ini terdiri dari ujian tulis dan ujian wawancara yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Blitar mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Ujian tulis dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan akademik calon mahasiswa baru UNU Blitar. Sedangkan ujian wawancara bertujuan untuk mengetahui minat kuliah para calon mahasiswa baru ini. Ujian tulis dan juga ujian wawancara PMB Gelombang I Jalur Regular yang diikuti oleh 257 peserta ini berasal dari berbagai daerah, tidak hanya kota maupun kabupaten Blitar saja , melainkan dari Probolinggo, kota dan kabupaten Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan masih banyak lagi.(ci)

Kunjungan STAI Denpasar ke UNU Blitar

UNU Blitar, 7 Mei 2018
Senin, 7 Mei 2018 UNU Blitar mendapat kunjungan dari STAI Denpasar. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bertajuk Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa STAI Denpasar ke UNU Blitar. Dalam kunjungan ini Tamu dari STAI Denpasar di sambut oleh Wakil Rektor UNU Blitar Pujiwianto, M.Pd, beserta segenap pejabat struktural UNU Blitar. Sedang dari STAI Denpasar diwakili oleh 6 Orang Dosen dan 60 Mahasiswa.

Dalam kesempatan kunjungan ini STAI Denpasar ingin belajar tentang pengelolaan kelembagaan, jurnal, dan kwmahasiswaan di UNU Blitar. STAI Denpasar sangat tertarik dengan sepak terjang UNU Blitar yang notabene belum genap dua tahun berdiri. Di usia yang masih dini ini UNU Blitar telah mendapat Mahasiswa yang banyak, sudah memiliki jurnal internasional, dan kegiatan kemahasiswaan yang luar biasa.

Keinginan STAI Denpasar akan 3 hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penyampaian oleh Wakil Rektot untuk pengelolaan kelembagaan, Kepala Pusat penelitian publikasi dan HAKI untuk Pengelolaan jurnal, Staf Ahli Rektor untuk kegiatan kemahasiswaan. Sebagai PT uang masih baru tak lupa ketiga pemateri juga mengharapkan masukan dari STAI Denpasar sebagai PT yang lebih lama berdiri. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini sampai dengan akhir.

Akhir acara di isi dengan penandatangan MOU anatara STAI Denpasar dengan UNU Blitar. Besar haparan setelah MOU akan terjalin kerjasama yang erat dan menguntungkan bagi kedua pelah pihak. Acara pun dilanjutkan dengan pertukaran cindera mata. Akhirnya acara ditutup dengan Doa. Setelah Doa dilakukan foto bersama antara STAI Denpasar dengan UNU Blitar.(arf)

UNU Blitar Ikuti Workshop Action Plan Tindak Lanjut MOU dengan Universitas Taiwan

UNU Blitar, 7 Mei 2018
Hari Minggu, 6 Mei 2018 UNU Blitar mengikuti workshop action plan yang diselenggarakan di Univeristas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo. Workshop ini digelar sebagai bentuk aksi tindak lanjut atas MOU PTNU dengan 40 Universitas di Taiwan. Dalam kesempatan ini UNU Blitar diwakili oleh Wakil Rektor Pujiwianto, M.Pd, Dekan FIE Risang Narendra, S.Si, M.Pd, dan dosen pend. Bahasa Inggris Ahmad Saifudin, M.Pd. Acara ini juga dihadiri oleh Atasa pendidikan Taiwan di Indonesia Tony Lee, Perwakilan dari Enam Perguruan Tinggi Taiwan, dan Ketua PBNU bidang Pendidikan Dr. Hanief Saha Ghafur, MA. Acara ini berlangsung menarik dan seluruh undangan anusias mengikuti acara ini sampai dengan selesai.(arf)

Himaprodi PGSD UNU Blitar selenggarakan Try Out SBMPTN 2018

UNU Blitar, 1 Mei 2018
Hari libur tak mengendurkan Himaprodi PGSD UNU Blitar untuk berkegiatan. Tepat di May Day ini Himaprodi PGSD menyelenggarakan Try Out SBMPTN 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yanh berasal dari Blitar Raya. Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi PGSD Mohamad Fatih, M.Pd. Setelah melaksankan pengerjaan soal sembari menunggu hasil, kegiatan diisi dengan Motivasi. Motivasi disampaikan oleh salah satu dosen kenamaan UNU Blitar M. Subhan Anshori, M.Pd.I. Selamat dan sukses bagi Himaprodi PGSD UNU Blitar atas terselenggaranya kegiatan ini. (arf)

Kuliah umum oleh Prof. Dr. Titik Khawa Abdul Rahman

UNU Blitar, 1 Mei 2018
Minggu, 29 April 2018 UNU Blitar kedatangan tamu istimewa dari negeri tetengga. Temu tersebut adalah Prof. Dr. Titik Khawa Abdul Rahman beserta rombongan dari malaysia. Beliau merupakan salah satu profesor bereputasi internasional yang disegani. Banyak karya beliau yang menjadi rujukan.

Kuliah umum ini dikemas dalam kegiatan bertajuk Ziarah Muhabbah Al Husna Malaysia bersama UNU Blitar dan Kuliah Umum oleh Prof Dr. Titik Khawa Abdul Rahman. Kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd, segenap pejabat struktural UNU Blitar, dan Civitas Akademika UNU Blitar. Kegiatan ini dilangsungkan di Rumah salah satu Dosen A. Rachman Sidik, B.A, M.H.

Dalam kuliah umum ini, Prof Titik menyampaikan materi tentang bagimana mendesain dan melaksanakan penelitian serta bagaiamana menulis artikel yang berkualitas. Beliau sangat bersemangat dalam menyampaikan materinya. Beliau juga tak segan untuk berbagi pengalamannya serta menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan pada beliau. Peserta seminar pun sangat antusias dan bersemangatan untuk mengikuti kwgiatan ini sampai dengan akhir.

Kegiatan ini merupakan seuatu upaya untuk meningkatkan motivasi dan semangat civitas akademika unu blitar dalam melaksanakan tri dharma. Besar harapan kegiatan ini dapat memacu dan meningkatkan semangat untuk melaksankaan tri dharma yang tidak sekedar kewajiban tetapi suatu kebutuhan. (arf)

UNU Blitar Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagi Dosen berNIDN

UNU Blitar, 1 Mai 2018,
Dalam rangka persiapan menuju pengajuan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat 2018, LPPM UNU Blitar menggelar kegiatan bertajuk workshop penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen berNIDN UNU Blitar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 April 2018 bertempat di aula kampus 1 UNU Blitar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LPPM Dr. H.M. Dimyati Huda, M.Ag, Kepala Pusat Penelitian, Publikasi Ilmiah, HKi, dan Kebijakan Publik Achmad Ryan Fauzi, M.Pd. Serta segenap Dosen berNIDN di lingkungan UNU Blitar.

Kegiatan ini diisi oleh penyampaian materi tentang sistematika penulisan proposal berdasarkan panduan XII 2018. Panduan ini diterbitkan oleh Kemenristekdikti yang mana memiliki perbedaan yang signifikan daripada panduan edisi sebelumnya. Kegiatan juga diisi dengan klinik proposal. Sesi ini merupakan kesempatan bagi dosen untuk mencurahkan kesulitan-kesulitannya dalam menyusun proposal.

Kegiatan ini merupakan wujud pembinaan dan kepeduliaan UNU Blitar kepada Dosen dosen yang ada. Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kulaitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat UNU Blitar. Dengan begitu akan terbentuk daya saing UNU Blitar yang berdampak pada meningkatnya daya saing masyarakat Blitar secara khusus dan Indonesia secara umum. (arf)

UNU Blitar MOU dengan 40 Universitas di Taiwan

Minggu, 15 April 2018,
Kabar bahagia datang dari Taiwan. Hari ini (15/04) UNU Blitar telah melaksanakan penandatangan nota kesepaham kerjasama (MOU) dengan 40 Universitas di Taiwan. Pada pendatanganan ini UNU yang masuk dalam rombongan LPTNU diwakili oleh Bapak Wakil Rektor Pujiwianto, M.Pd. Adanya MOU ini akan membuka kesempatan dilaksanakannya Program pertukaran mahasiswa UNU Blitar dengan Mahasiswa Taiwan (Student exchange program), Program beasiswa lanjut S2 bagi mahasiswa berprestasi UNU Blitar, Program studi lanjut S3 bagi Dosen UNU Blitar, dan Program postdoctoral serta Program Kerjsama Penelitian antar PT. Besar harapan MOU ini menjadi batu loncatan perkembangan UNU Blitar menuju the character building university.(arf).

Sukses Lomba Menggambar dan Mewarnai tingkat Paud, TK dan SD sek Blitar Raya

Minggu, 15 April 2018
Hari ini, UKM Seni UNU Blitar memulai rangkaikan lomba yang bertajuk Pekan Seni UNU Blitar Tahun 2018. Pada hari pertama ini diselenggarakan lomba mewarnai dan melukis tingkat Paud, TK, dan SD/MI. Lomba ini diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari seluruh wilayah di blitar raya. Kegiatan berlangsung dengan semarak terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini. Lomba ini dimulai pukul 09.00 dan diakhiri 12.00. Mengingat lomba ini bertepatan dengan kegiatan visitasi, maka lomba pun dihelat di Aula belakang SMK Islam 1 Blitar. Selamat kepada seluruh pemenang, semoga menjadi pemicu untuk terus berprestasi lebih tinggi dan bagi yang belum mendapatkan juara jangan bersedih, tetap semangat untuk meraih prestasi di lomba lomba berikutnya. (arf)