Teknik Sipil

Visi

menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam bidang Sipil dan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, berbasis TIK, dan menciptakan lulusan yang berprestasi,  berwawasan global, serta entrepreneur.

 

Misi

Meningkatkan kualitas seluruh sumber daya manusia khususnya civitas akademika berdasarkan prinsip link and match sehingga gayut dengan lapangan kerja khususnya dunia industri konstruksi.

Tujuan

  1. Menghasilkan asisten arsitek yang unggul dan terdepan dalam bidang Sipil dan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, berbasis TIK, yang beretika moral, mandiri, tangguh, inovatif serta memiliki daya saing yang tinggi.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengembangan untuk menjawab kebutuhan nyata serta tantangan pengembangan teknologi masa depan

 

Pengertian Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya mengenai apa itu teknik sipil, lalu bagaimana prospek kerjanya dan apa perbedaan antara teknik sipil dengan arsitek, nah pada artikel ini, saya akan membahas itu semua.

 

Pengertian Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana untuk merancang, membangun, memelihara dan mengelola serta merenovasi tidak hanya (tidak hanya gedung dan infrastruktur) namun juga menrenovasi dan menjaga lingkungan demi memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat sekitar.

 

Jurusan teknik sipil juga dibagi menjadi beberapa cabang yaitu :

  1. Strukturaladalah cabang yang mempelajari mengenai perencanaan struktur suatu bangunan seperti gedung, terowongan, jembatan dan juga lain sebagainya hingga bangunan tersebut siap digunakan.
  2. Geoteknikadalah cabang yang mempelajari tentang struktur tanah yang baik dan layak digunakan untuk tempat membangun bangunan diatasnya.
  3. Manajemenkonstruksi adalah cabang yang mempelajari tentang masalah-masalah yang ada di dalam suatu proyek konstruksi seperti permasalahan ekonomi melputi biaya proyek, pengembalian modal, penjadwalan kerja dan lain sebagainya.
  4. Hidrolikadalah cabang yang mempelajari tentang air meliputi pendistribusian, penyuplaian, dan pengendaliannya.
  5. teknik lingkunganadalah cabang yang mempelajari mengenai permasalahan atau isu-isu seputar lingkungan. Teknik lingkungan sangat berpera pada pengadaan sarana dan prasarana, pencemaran sungai, pengelolaan limbah, pencemaran udara dan juga suara
  6. Teknik trasportasiadalah cabang teknik sipil yang mempelejari mengenai transportasi, mulai dari perencanaannya hingga pelaksanannya.
  7. Informatika teknik sipiladalah cabang yang mempelajari tentang penerapan penggunaan komputer dalam penghitungan suatu sistem dalam proyek pembangunan.

 

Perbedaan teknik sipil dan arsitek

Banyak orang yang mengira bahwa teknik sipil dan juga arsitek itu sama, namun sebenarnya arsitek dan teknik sipil sebenarnya berbeda walaupun sama-sama berbasis (dasar) pada suatu proyek bangunan.

 

Nah berikut ini saya akan memberikan informasi berupa perbedaan antara arsitek dan teknik sipil :

 

Persamaan

  • Sama sama bergelut dalam bidang pembangunan, konstruksi, proyek, dan semacamnya.
  • Walaupun ada yang memisahkannya, pada dasarnya sama-sama ilmu keteknikan
  • Sama-sama mempelajari Gambar Teknik dan bagian-bagian bangunan.
  • Ada mata kuliah yang sama, walaupun porsinya berbeda.

 

Perbedaan

  • Arsitek : mempelajari suatu bangunan dari segi keindahan desain (seni)
  • Teknik Sipil : dari segi kekuatan struktur dan kompleksitasnya

 

Prospek kerja teknik Sipil

Prospek kerja teknik sipil bisa dibilang sangat luas, mengapa? Lulusan Teknik Sipil memang sangat banyak dibutuhkan di zaman pembangunan seperti ini, lihatsaja di kota-kota anda, kini sudah banyak dibangun mall-mall, dan gedung-gedung perusahaan dan lain sebagainya, nah tentunya pembangunan bgedung-gedung tersebut membutuhkan jasa seorang insinyur teknik sipil bukan? Jadi jurusan ini sangat berprospek cerah saat ini dan dimasa yang akan datang.

 

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa daftar bidang untuk lulusan teknik sipil :

  1. Bidang pembangunan infrastruktur
  2. Bidang pemerintahan khususnya di Dinas Pekerjaan Umum. Namun, tidak menutup kemungkinan juga anda bisa bekerja di Dinas ESDM, dinas tata kota dan  lain sebagainya.
  3. Bidang indutri energi dan masuk ke beberapa perusahaan-perusahaan seperti Pertamina, pupuk kaltim, schlumberger, PLN dan lain sebagainya.
  4. Tenaga pengajar, seperti Guru dan juga Dosen.