Teknik Mesin

Visi Program Studi Teknik Mesin adalah:

Visi  program  studi  S1  teknik  mesin,    adalah  menjadi  program  studi  teknik  mesin  yang memiliki  daya  saing  di  era  global  dan  sekaligus  sebagai  pioneer  program  studi  yang berbasis nanoteknologi di Indonesia, selain itu S1 Teknik mesin menjadi jurusan yang menghasilkan tenaga ahli profesional di bidang Teknik Mesin, serta menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang diakui secara nasional maupun internasional; guna menghasilkan lulusan/calon guru/pendidik berakhlakul karimah yang berkompeten dalam bidangnya dengan dilandasi aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah

 

Misi Program Studi Teknik Mesin adalah:

 

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, misi Program Studi Teknik Mesin adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan yang memiliki sikap responsif dan kecakapan dalam melakukan pengembangan serta pembaharuan dalam pendidikan.
  2. Meningkatkan sumber daya manusia melalui proses pembelajaran yang berkesinambungan di bidang Teknik Mesin.
  3. Menghasilkan karya terapan yang berorientasi pada kebutuhan industri dan masyarakat secara meluas.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan industri dan masyarakat di tingkat Nasional dan Internasional.
  5. Mengembangkan penelitian terapan terkait dengan permasalahan industri
  6. Membuat suasana akademik yang tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik Mesin.
  7. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknik Mesin untuk mengimplementasikan IPTEK di masyarakat.
  8. Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi dalam dan luar negeri dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Kedelapan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan atas keimanan, ketakwaan, akhlakul karimah, sikap ilmiah, penguasaan IPTEK, kreativitas, kemandirian, serta wawasan ke depan.

 

pengertian Teknik mesin

Teknik mesin adalah cabang ilmu rekayasa (engineering) yang mengaplikasikan prinsip fisika untuk analisis, desain, pengembangan, pembuatan, operasi serta pemeliharaan perangkat dan komponen mekanikal. Banyak orang yang berbondong-bondong mendaftar untuk mendapatkan jurusan ini karena teknik mesin merupakan salah satu jurusan yang cukup bergengsi dan prospek kerjanya masih luas karena sebagian besar lulusannya akan bekerja di perusahaan-perusahaan. Diharapkan lulusan dari jurusan teknik mesin akanmenjadi orang yang kreatid, pekerja keras dan juga inovatif, sehingga akan sangat bermanfaat saat sudah terjun di masyarakat kelak.

 

Prospek kerja teknik mesin

Seperti yang sudah sedikit saya singgung tadi, jurusan teknik mesin adalah salah satu jurusan yang lulusannya masih banyak dicari oleh berbagai perusahaan-perusahaan. Selain bekerja di perusahaan, seorang lulusan teknik mesin juga bisa berwirausaha.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini bidang lulusan teknik mesin :

  1. Bidang perawatan mesin

Suatu perusahaan tentunya harus memiliki mesin-mesin yang selalu ebrada pada performa optimalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang lulusan dari teknik mesin yang nantinya akan bertugas untuk merawat berbagai jenis mesin, mulai dari pemeriksaan, pelumasan, hingga penggantian suku cadang

  1. Bidang perakitan alat berat

selain bbisa merawat sebuah mesin, seorang lulusan teknik mesin juga bisa bekerja di perusahaan yang berbasis pada produksi alat beratnya. Seorang lulusan teknik mesin akan terbagi menjadi beberapa divisi, yaitu divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain

  1. Dapat bekerja dalam berbagai jenis instansi pemerintahan terutama seperti BPPT dan IPTN,

sebaiknya

  1. Bidang lain

Lulusan teknik mesin juga  bisa bekerja di ebrbagai PLTU, PLTN, dan juga PLTG

Prospek kerja jurusan teknik mesin