Jalan Masjid No. 22, Kota Blitar
Telp (0342) 801120
humas@unublitar.ac.id

Tim Pengelola Jurnal UNU Blitar Terima Kunjungan dari LPPM Universitas Tulungagung

The Character Building University

Tim Pengelola Jurnal UNU Blitar Terima Kunjungan dari LPPM Universitas Tulungagung

Sabtu, 12 Januari 2019, tim pengelola jurnal Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar mendapat kunjungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tulungagung (UNITA). Tujuan dari kunjungan ini adalah sharing pengelolaan jurnal online yang mana, UNU Blitar dipandang sebagai kampus baru dengan pengelolaan jurnal online yang bagus. Ketua LPPM UNITA menyampaikan bahwa saat ini pengelolaan jurnal UNITA terjadi perubahan, yaitu pengelolaan jurnal yang semula dilakukan di tingkat fakultas, saat ini dilakukan secara terpusat di LPPM. Dengan adanya perubahan ini, LPPM perlu banyak pengetahuan dan pengalaman terkait pengelolaan jurnal khususnya pengelolaan jurnal berbasis OJS (Open-access Journal System).

Memang sejak berdiri tahun 2016 yang lalu, UNU Blitar sudah melaksanakan pengelolaan jurnal secara terpusat, yaitu melalui LPPM UNU Blitar. Pengelolaan jurnal UNU Blitar merupakan tugas Pusat Penelitian, Publikasi dan HKI. Mulai Tahun 2016 hingga saat ini Pusat Penelitian, Publikasi, dan HKI sudah mengelola tiga jurnal penelitian yang pengelolaanya menggunakan OJS. Jurnal tersebut adalah Brillian, Jurnal Pendidikan, dan Journal of Development Research (JDR). Dari ketiga jurnal tersebut JDR adalah jurnal internasional yang diliris UNU Blitar pada tahun 2017 yang lalu. Bahkan saat ini LPPM UNU Blitar juga akan meluncurkan jurnal baru yaitu jurnal pengabdian masyarakat. Yang paling membanggakan adalah capaian Jurnal Brillian yang telah masuk pada Sinta 4.

Dengan mengetahui capaian tersebut, LPPM UNITA berniat melakukan kunjungan sharing pengelolaan jurnal ke UNU Blitar. Pada kunjungan ini, ketua tim pengelola jurnal, Abd. Charis Fauzan, M.Kom memberikan paparan mengenai pengelolaan jurnal dengan OJS, baik menggunakan OJS 2 maupun OJS 3 serta problem-solving dalam pengelolaan jurnal. Pertemuan ini juga dihadiri oleh seluruh tim pengelola dari tiga jurnal yang ada di UNU Blitar sehingga sharing bisa lebih luas dan pengalaman yang berbeda dalam pengelolaan jurnal bisa tersampaikan. Akhir kunjungan dan sharing ini menghasilkan komitmen baru untuk saling bekerjasama dalam pengelolaan jurnal dan juga pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan