Unu Blitar Akan Segera Menerbitakan Jurnal International

Jumlah publikasi jurnal internasional dalam berbagai disiplin ilmu di suatu negara merupakan salah satu indikator  kemajuan suatu bangsa. Banyaknya publikasi  ilmiah menunjukkan negara tersebut memiliki sumber daya manusia unggul yang melimpah. Mereka semua merupakan modal utama untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dalam segala bidang. Publikasi internasional juga dapat menjaga keberlangsungan ilmu pengetahuaan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh siapapun di seluruh dunia.

Pelatihan penulisan jurnal atau publikasi ilmiah internasional sangat diperlukan karena pada saat ini Indonesia tertinggal jauh dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Pakistan, India, Malaysia dan Singapura serta semakin tertinggal jauh dari Jepang, Amerika dan negara maju lainnya (www.suaramerdeka.com/ 24 Agustus 2013).

Dan Salah satu gerakan cepat  UNU Blitar dalam meningkatkan Mutu jurnal Imiahnya dalam kancah Nasional ataupun International, dengan mengirim kader-kader terbaiknya dalam berbagai  Pelatihan penulisan jurnal atau publikasi ilmiah internasional  di dalam ataupun diluar negeri.

Selain dari Itu Unu Blitar Juga giat memberikan pembekalan bagi Dosen dan calon penerima beasiswa LPDP yang akan melanjutkan studi di tingkat master maupun doktor. Acara ini sangat penting, karena sejumlah publikasi internasional merupakan syarat kelulusan master dan doktor baik di luar negeri maupun dalam negeri. Ada beberapa alasan mengapa publikasi ilmiah itu harus dilakukan. Pertama, sebagai fungsi tanggung jawab, penelitian seseorang atau kelompok tertentu harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah sehinggga penelitian tersebut adalah penelitian yang bermutu. Kedua, menghindari adanya duplikasi atau plagiat dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketiga, Jati diri, dengan melakukan publikasi kita bisa menunjukkan keahlian kita berada di suatu bidang tertentu. Keempat, Moral, dalam melakukan publikasi kejujuran dari para penulis merupakan suatu harga mati, karena jika mereka melakukan kebohongan maka mereka tidak pantas berada di dunia akademik yang senantiasa menjunjung tinggi moral dan etika. Kelima, asas manfaat, Hendaknya pengetahuan kita bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Publikasi dalam jurnal internasional merupakan suatu hal yang relatif sulit bagi mayoritas orang Indonesia, walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh berbagai profesi yang  ada di negeri ini. Kesulitan-kesulitan tersebut seharusnya menjadi motivasi untuk sentiasa belajar dan belajar untuk mengatasinya. Sayangnya dengan kondisi tersebut, tidak sedikit diantara mereka yang melakukan tindakan plagiat untuk mengatasinya. Tentunya kondisi tersebut tidak menguntungkan negeri ini karena akan semakin menambah beban negara dengan adanya manusia yang berprilaku seperti itu.

Publikasi-publikasi ilmiah internasional yang diterbitkan di sejumlah jurnal yang kredibel dengan jumlah yang signifikan, berkualitas tinggi dengan kebaruan atau inovasi tiada henti dan bermanfaat secara langsung kepada masyarakat merupakan suatu aset yang diperlukan suatu bangsa. Dengan keadaan seperti itu suatu bangsa akan lebih mudah dan lebih bertahan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi. Kami sangat berharap keadaan tersebut akan segera terwujud di negeri yang kita cintai ini.  Selain hal di atas, budaya menulis terutama menulis ilmiah merupakan budaya unggul yang harus dimiliki calon pemimpin. Dengan menulis ilmiah banyak sekali values yang akan didapatkan oleh calon pemimpin.Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang sanggup berpikir sistematis, ilmiah dan menuliskan rencananya dengan detail serta dapat dipertanggungjawabkan tindakannya .