Universitas Nahdlatul Ulama Blitar merupakan sebuah lembaga pendidikan perguruan tinggi di Blitar. Universitas ini memiliki tiga Fakultas yaitu Ilmu Pendidikan dan Sosial, Eksakta, dan Fakultas Agama Islam serta memiliki Visi menjadikan UNU Blitar sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dan berkompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berpedoman kepada aqidah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.

Masa Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar berbenah meningkatkan mutu. Hal ini terbukti dengan Penyelenggaraan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Progam Studi yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Mei 2020 secara daring. Workshop ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang dengan Pemateri Ketua Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan (P2RP) pada Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Brawijaya, Dr. Ir. Wisnumurti, M.T.

Kegiatan workshop diawali dengan pengarahan Rektor UNU Blitar, Prof. Dr. M Zainudin. M.Pd.. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa Kurikulum harus disusun berdasarkan kebutuhan pengguna lulusan dan mampu mengakomodasi kebutuhan masa depan, sehingga kurikulum perlu dilakukan penyempurnaan secara berkelanjutan. Melalui kegiatan ini diharapkan kurikulum progam studi yang ada di UNU Blitar (1) dapat memenuhi standar yang telah di tetapkan pemerintah, (2) sebagai panduan untuk mencapai visi dan misi progam studi dan visi universitas yaitu menghasilkan mahasiswa yang unggul. Selanjutnya pemaparan materi dari Dr. Ir. Wisnumurti, M.T. yang menjelaskan tentang bagaimana mengembangkan kurikulum secara baik serta sesuai dengan perkembangan zaman.

Pihak UNU Blitar sangat berharap sekali pelatihan ini dapat membatu tim penyempurna kurikulum dan dosen memperbaiki kurikulum yang dengan lebih baik untuk mewujudkan Visi UNU Blitar.

oleh: Alfin Luluk Kamalia (Divisi Reporter Lpm Bhanu Tirta UNU Blitar)