Penutupan Hari Santri Nasional UNU Blitar Terjunkan Ratusan Mahasiswa

Penutupan Hari Santri Nasional (HSN) & Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun angkatan 2019.  Universitas Nahdlatul Ulama Blitar hari Senin, 14 November 2022. Pelaksanaan berada di Graha NU Kabupaten Blitar. 

Hari santri tahun 2022 di Blitar banyak event yang menarik untuk diikuti. Kegiatan menarik di Blitar seperti Pasar Rakyat sampai hadirnya Gus Miftah. Sedangkan, pembekalan bertujuan memberikan kepada mahasiswa calon peserta KKN dari aspek pengetahuan, pengalaman, dan pandangan di lapangan. 

Menurut peserta, Ira Wahyu Lestari : "Pembekalan ini mahasiswa memahami prosedur dari awal hingga pelaksanaan selesai". Langkah dalam KKN memiliki banyak proses yang diperlukan. Beberapa contoh proses KKN pada umumnya seperti wajib mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), surat pemberangkatan, maupun tanggungjawab dilokasi. 

 

Program KKN pada umumnya memadukan intrakurikuler dengan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam pengabdian masyarakat. Sebagaimana Undang Undang Republik Indonesia (UURI) nomor 20 tahun 2003 ayat 2, Universitas wajib menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

 

Kemerdekaan Indonesia tidak luput dari kebangkitan para kyai dan santri. Menurut Retor UNU Blitar, Prof Mukri : "Indonesia berumur 77 tahun. Salah satu penentuan umur Indonesia dari kebangkitan kyai seperti forum R20". Seperti yang kita ketahui R20 adalah forum resmi untuk nilai keagamaan G20 para kyai dari antar negara dan benua. 

 

UNU Blitar adalah salah satu universitas yang membawa nama NU dalam memperjuangkan. UNU Blitar menjadi pusat sorotan NU karena menjadi pusatnya kebangkitan melalui semangat yang menyandang mahasiswa (Masdain Rifai Akhyad ; sambutan, 14/11/2022). Sebagai intelektual kader NU memastikan kualitas selayaknya bangku Perguruan Tinggi. 

 

Hadirnya Universitas Nahdlatul Ulama Blitar menjadi salah satu wujud perjuangan menyatukan santri dengan masyarakat. Ribuan satri Nahdlatul Ulama di Blitar pasti memiliki keinginan dalam menambah akreditasinya. Pengenalan dalam wujud mahasiswa kepada santri bisa diwujudkan kepekaan berpikir lanjut berpendidikan. 

 

Membentuk kualitas masyarakat dengan baik diwujudkan dengan terjunnya mahasiswa kepada masyarakat yang membawa programnya. Sebagai semangat muda mahasiswa terus berjuang dan mewujudkan ekspektasi tinggi. Menjadi Pilar kokoh ditengah masyarakat adalah salah satu tantangan mahasiswa nantinya. 

"Selamat berjuang mahasiswa, sukses selalu para santri, banggakan Universitas"

Penulis : Fattah Sayidul Albar