Proposal Sampah Organik UNU Blitar Masuk Nominasi Penerima Bantuan PHP2D Kemendikbud RI

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hima Prodi) Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Blitar (UNU Blitar) memperoleh nominasi penerima bantuan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).
"Proposal yang kami ajukan membahas tentang pemanfaatan sampah organik yang dijadikan media tanam hidroponik. Dengan bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Andik Lukito Suryaman, Ketua Tim PHP2D Hima Prodi Matematika kepada TIMES Indonesia, Sabtu (30/1/2021).

Andik menuturkan, proposal yang diajukan merupakan hasil survei tim ketika meihat potensi-potensi yang ada di Dusun Kemloko, Desa Sidodadi, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. "Di sana kami menemukan banyak sampah dedaunan. Lalu kami memiliki inovasi dengan memanfaatkan sampah tersebut sebagai pupuk organik dan media hidroponik," ujarnya.

Andik menambahkan, adanya kelompok karang taruna Dusun Kemloko yang kompak mempermudah dalam proses pengabdian tim PHP2D Hima Prodi Matematika UNU Blitar.

"Disana kami dengan dibantu karang taruna Kemloko 8 membuat rumah dan instalasi hidroponik guna sebagai sarana pengembangan pembudidayaan sayuran organik," imbuhnya.

Acara PHP2D ini dilaksanakan di masing-masing wilayah tim partisipan pada Bulan Agustus sampai November 2020 dan diikuti oleh seluruh kampus se-Indonesia.

"Alhamdulillah kami bisa memperoleh nominasi dari event ini. Semoga pengabdian UNU Blitar di Desa Sidodadi ini bisa memberikan wawasan pengetahuan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya. (*) 

Sumber berita: Timesindonesia.co.id


Warning: Undefined variable $arraymodalhomepage in /home/unublitarac/public_html/index.php on line 489