UNU Blitar Gelar Istighosah dan Pengajian di Masjid Graha NU dalam Rangka Awal Masuk Perkuliahan Tahun Akademik 2023/2024. Gus Lubby: Jangan Lupakan Pesantren

Blitar - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar mengawali tahun akademik 2023/2024 dengan meriah, menggelar acara istighosah dan pengajian di Masjid Graha NU, Minggirsari, Kabupaten Blitar. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan masyarakat sekitar ini bertujuan untuk memohon keberkahan dan kesuksesan dalam menjalani tahun akademik yang baru. Jum'at, 8/9/2023.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh seorang mahasiswa qari terbaik UNU Blitar. Selanjutnya, seluruh peserta bergabung dalam doa istighfar dan taubat bersama yang dipimpin oleh seorang ustad terkemuka. Suasana khidmat menyelimuti Masjid Graha NU saat doa-doa tersebut mengalir begitu tulus.

Pengajian yang merupakan bagian penting dari acara ini diisi oleh KH Muhtar Lubby, MA, seorang ulama terkemuka dan juga Rais Syuriah PCNU Kota Blitar. Dalam ceramahnya, beliau menyoroti tema keikhlasan dalam beribadah dan kehidupan sehari-hari. Beliau menjelaskan bahwa keikhlasan adalah kunci keberhasilan dan bahwa tindakan yang dijalani dengan ikhlas akan membawa berkah.

Beliau mengajarkan bahwa keikhlasan dalam beribadah dan tindakan sehari-hari adalah kunci untuk meraih kesuksesan dan berkah dalam hidup. Keikhlasan adalah fondasi kuat yang dapat menguatkan semua upaya kita.

"Kuncinya amal adalah keikhlasan. Ketika ikhlas, maka ibadah yang ada laksana makhluk yang hidup. Jika ibadah tidak ada ikhlasnya laksana tubuh yang tidak hidup."katanya

Selain itu, KH Muhtar Lubby, MA, juga mengingatkan kita semua tentang akar sejati dari UNU Blitar, yaitu pesantren. Pesantren adalah tempat bersemayamnya nilai-nilai agama, pendidikan, dan kebudayaan. Dalam perjalanan menuju kesuksesan sebagai universitas, UNU Blitar tidak boleh melupakan kontribusi dan kearifan yang diberikan oleh pesantren.

"UNU ini tentu ketika kita pingin besar, maka jangan lupakan induknya, yakni pesantren" tuturnya

Dengan semangat keikhlasan dan rasa hormat terhadap pesantren, UNU Blitar melangkah ke tahun akademik 2023/2024 dengan tekad untuk terus berkembang dan memberikan pendidikan yang berkualitas serta memegang teguh nilai-nilai keagamaan. Semoga tahun ini membawa berkah dan keberhasilan bagi seluruh mahasiswa dan civitas akademika UNU Blitar.