Pagelaran Sendratasik PGSD UNU Blitar Memukau Penonton dengan Tema

Pada Sabtu, 16 Desember, Pendapa Ageng Hand Asta Sih, Srengat, Kabupaten Blitar menjadi saksi pagelaran sendratasik yang mengagumkan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. Acara ini, yang merupakan kegiatan tahunan, tidak hanya menjadi tugas akhir mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Seni Tari, Drama, Musik, dan Seni Rupa, namun juga sebuah pameran seni rupa dan kerajinan.

Dengan tema "Aesthetic Experience and Matrajiva," pagelaran dimulai dengan pembukaan pameran oleh Ibu Widyarnes Niwangtika, Kaprodi PGSD, yang turut disertai dengan prosesi pemotongan pita bersama dosen pengampu, Ragil Tri Oktaviani dan Ervin Nuriana. Pertunjukan drama tari kemudian menyusul, dibawakan oleh mahasiswa PGSD semester 3 tahun 2022.

Ervin Nuriana, S.Pd, M.Pd mengatakan "Pagelaran ini tidak hanya merangkul ide kreativitas dan inovasi baru di ranah seni pendidikan, tetapi juga menampilkan hasil karya mahasiswa dalam bentuk seni rupa dua dimensi, tiga dimensi, dan kerajinan tangan. Drama tari yang dipertunjukkan merupakan hasil karya mahasiswa selama satu semester sebelumnya".

"Pagelaran ini memberikan pengalaman nyata dalam berkarya seni, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, dan mengaplikasikan hasil kreativitas dalam dunia seni," jelas Ervin Nuriana, S.Pd, M.Pd.

Panitia penyelenggara terdiri dari mahasiswa PGSD yang sedang melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata kuliah terkait, memanfaatkan pengetahuan manajemen produksi seni yang mereka pelajari.

Dengan tema yang memukau dan pertunjukan yang spektakuler, pagelaran sendratasik PGSD UNU Blitar berhasil menciptakan pengalaman seni yang mendalam dan inspiratif bagi mahasiswa serta memberikan wawasan seni kepada masyarakat umum.

 

Penulis: Farah Nurul Nabila