Pelatihan Pelayanan Prima : Upaya Peningkatan Mutu SDM Di Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

[Blitar, 02 September 2024] - Sebagai upaya pengembangan SDM, Biro Kepegawaian, Keuangan dan Perencanaan UNU Blitar mengadakan Pelatihan Pelayanan Prima untuk tenaga kependidikan di lingkungan kampus. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Senin, 2 September 2024 yang bertempat di Aula Kampus 1. Peserta terdiri dari 37 tenaga kependidikan dari berbagai bidang, seperti tenaga administrasi,  keamanan, petugas kebersihan, sarpras dll.

Acara dibuka pukul 08.30 WIB yang dimulai dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, Mars Syubanul Wathon, dan sambutan. Menurut Wakil Rektor II, Yaoma Tertibi, M.H., acara ini dirasa begitu penting sebab pelayanan yang prima merupakan kunci keberhasilan sebuah institusi. Hal itu berkaca dari pelayanan di lingkungan perbankan yang selalu ramah dan maksimal sehingga nasabah merasa nyaman. “Karena disambut dan dilayani dengan ramah, yang tadinya tidak ingin nabung jadi pengen nabung.”, tuturnya.

Kegiatan pelatihan ini berkolaborasi dengan Bank Mandiri yang mengirimkan Firman W. K. Putra, S.E., M.M., CSE selaku narasumber. Firman menyampaikan materi seputar bentuk-bentuk pelayanan yang ideal mulai dari lini yang paling depan. Pelayanan prima, juga dimulai dari hal kecil seperti cara berkomunikasi, pemilihan kata, nada bicara, penampilan hingga gestur tubuh. Menurutnya, pelayanan yang prima dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan pendapatan kampus. Oleh karena itu, pelayanan harus diupayakan semaksimal mungkin.

Selain itu, Firman juga menyampaikan pentingnya menetapkan standar pelayanan. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan para customer (dalam konteks ini mahasiswa). Pelayanan yang baik namun tidak tepat sasaran justru akan membuat para customer tidak merasa puas dan nyaman. Di sela-sela penyampaian materinya, Firman sesekali mengajak para peserta untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat. Beberapa peserta menyampaikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Kegiatan berjalan dengan kondusif dan komunikatif.

Pelatihan Pelayanan Prima ini selesai dan ditutup sekitar pukul 11.30 WIB. Para peserta kemudian beristirahat dan kembali ke tugas masing-masing. Menurut Diyah Rieka Rahmawati, S.Pd. (staf pusat bisnis), ia mendapat manfaat dari pelatihan ini. Ia mendapat pengetahuan-pengetahuan baru terkait bentuk-bentuk pelayanan yang ideal. Menurutnya, pelatihan ini penting untuk dilaksanakan mengingat latar belakang tenaga kependidikan yang berbeda-beda. Diyah berharap pelatihan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, terutama yang lebih bersifat praktik agar teori yang sudah didapatkan dari pelatihan ini dapat dioptimalkan. Hal itu untuk meningkatkan mutu SDM di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.

 

Penulis: Sabiq Najiburrohman

Editor: Moh. Malik Amirudin