Agar Tidak Jenuh, UNU Blitar Berikan Cara Pembelajaran Anak di Era Pandemi

Cara membuat pembelajaran anak khusunya pelajar di era pandemi agar tidak jenuh yakni perlunya sinkronisasi antara koordinasi guru dengan wali murid. Rektor UNU Blitar memberikan caranya.

"Agar tidak monoton, dibutuhkan inovasi-inovasi agar ketika siswa belajar dirumah tidak jenuh. Guru dan wali murid harus saling berkoordinasi untuk dapat menciptakan suasana belajar anak menjadi lebih intensif dan menyenangkan," ujar Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M. Pd., Rektor UNU Blitar kepada TIMES Indonesia, Kamis (28/1/2021).

Zainuddin menuturkan, upaya tersebut dapat diciptakan agar orang tua mau mengfasilitasi apa yang diperlukan anak. Misalnya, meja untuk mengerjakan tugas, buku pedoman untuk mendampingi dalam belajar, gadget sebagai alat bantu dalam pembelajaran daring dan masih banyak lagi.

"Setiap orang tua, tentunya tidak sama dalam memberikan fasilitas belajar kepada anak. Akan tetapi peran orang tua ketika anak belajar di rumah sangat penting untuk menumbuhkan semangat dan menciptakan suasana menjadi lebih intensif," imbuhnya.

Zainuddin juga menuturkan sinkronisasi orang tua dan guru ini harus diseleraskan karena orang tua sebagai perwakilan guru di dalam rumah untuk anak. Orang tua dan guru harus saling berkoordinasi agar dapat menciptakan suasana tidak jenuh untuk anak. 

"Suasana tersebut dapat dibentuk dengan adanya dukungan dan perhatian orang tua, karena pembelajaran daring bisa menjadikan anak punya kebiasaan mandiri," pungkas Rektor UNU Blitar ini. (*)